5G itu penting: Ini lebih dari sekadar soal streaming dan seluler


teknologi jaringan 5G mendukung perkembangan Internet of Thinks (IoT)

Sejak akhir 2018, operator jaringan, para pembuat silikon, dan produsen smartphone, semuanya telah berlomba-lomba mengenai 5G, teknologi nirkabel generasi berikutnya yang dijanjikan akan merevolusi dunia. Kebanyakan retorika yang muncul berfokus pada kecepatan yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan dukungan untuk puluhan bahkan ratusan perangkat. Banyak contoh yang digunakan operator untuk membicarakan tentang cara mengunduh file video HD yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik, sesuatu yang sebagian besar konsumen akan dapat segera alami. Walaupun hal itu membuat 5G menjadi lebih dimengerti, ini juga mengkotakkan pemahaman kebanyak orang di sekitar konsep 5G yang hanya sebagai " 4G yang lebih cepat", dan itu menyebabkan penurunan pemahaman terhadap pengalaman baru yang 5G akan mampu berikan dalam waktu dekat dan selanjutnya.

Kecepatan itu penting

Sesungguhnya, peningkatan pada kecepatan dan latensi memang terletak di jantung 5G pada tingkat teknis. Dapat dimengerti ketika kebanyakan orang akan langsung mengaitkannya dengan mengunduh file besar atau media streaming. Lagipula, memang itulah pengalaman yang dimungkinkan oleh 4G ketika diluncurkan pertama kali, beralih dari fokus 3G yang lebih kepada penelusuran seluler dan komunikasi.
5G, bagaimanapun, dapat melakukan jauh lebih banyak karena menghilangkan hambatan dan batasan yang diberlakukan oleh generasi sebelumnya dari teknologi nirkabel. Bandwidth yang meningkat, frekuensi yang lebih tinggi, peningkatan daya tanggap, dan penyediaan yang lebih luas bagi perangkat, semua bekerja bersama untuk menciptakan pengalaman baru yang tidak lagi terikat pada batas dan kelambatan data. Seseorang hanya perlu melihat ke mana arah teknologi saat ini dan bayangkan bagaimana hal itu bisa menjadi lebih baik ketika anda tidak perlu khawatir tentang koneksi Internet yang lambat.

Perawatan Kesehatan dan Robotika

Data yang berpindah melalui jaringan 5G tidak hanya berupa film atau musik, tentu saja. Video dan audio mampu untuk lebih dari sekedar menghibur, juga dapat menyelamatkan nyawa atau membantu membuat kehidupan menjadi lebih baik dengan perpaduan yang tepat. Bersamaan dengan kemajuan dalam robotika dan teknologi medis, 5G dapat memungkinkan prosedur jarak jauh pada pasien yang tidak dapat melakukan perjalanan hanya untuk memperoleh akses ke para profesional. Mungkin yang kurang drastis adalah bantuan jarak jauh, sekali lagi melalui robot dan mesin yang dapat dikendalikan dari belahan dunia lain.

Otomotif dan IoT (Internet of Things)

Orang tidak perlu melihat terlalu jauh ke masa depan untuk melihat bagaimana 5G beraksi selain pada smartphone. Pembuat mobil saat ini sudah membuat konsep dan mengembangkan sistem yang memanfaatkan kapasitas 5G untuk menghubungkan puluhan bahkan ratusan node, beberapa di antaranya tidak lebih besar dari tangan anda. Mobil dengan ban yang dapat mengkomunikasikan kondisi jalan kepada pengemudi, mobil lain, dan jaringan kota, dapat membantu memastikan arus lalu lintas yang lancar dan aman. Rambu-rambu, lampu jalanan, dan bahkan instalasi dekoratif dapat dengan cepat berkomunikasi satu sama lain dan dengan perangkat milik seseorang, memberikan informasi yang real-time (waktu sebenarnya) yang diperlukan orang dalam menavigasi dunia masa depan.

Previous
Next Post »