Kupas Tuntas Realme Buds Air, True Wireless Real Seamless

Realme semakin mengembangkan sayapnya dengan terus produktif dan merilis beragam smartphone unggulan, namun sekarang bukan hanya ponsel tetapi merambah ke ranah audio. Brand asal Tiongkok itu juga ikut meramaikan deretan True Wireless Stereo di Indonesia. Realme pun hadir dengan menyampaikan slogan The True Wireless Earbuds: True Wireless, Real Seamless.

Produk True Wireless Stereo milik Realme itu disebut dengan Realme Buds Air. Pada penjualan perdananya di India, Realme Buds Air berhasil terjual sebanyak 11 ribu unit hanya dalam waktu 1 jam. Sedangkan di Indonesia, Realme Buds Air ini dikabarkan laku dibeli hingga seribu unit selama 16 menit. Realme sangat yakin jika Realme Buds Air dapat bersaingan dengan produk True Wireless Stereo yang lain, dan berikut spesifikasi dan harga Realme Buds Air tersebut.
spesifikasi dan harga realme buds air

Spesifikasi Realme Buds Air

Sebagai produk Artificial Intelligence of Things pertama milik Realme di Indonesia, Realme Buds Air diharapkan mampu memperlihatkan keseriusan dan sukses sebagai pelopor Artificial Intelligence of Things di tanah air. Pernyataan Palson Yi selaku Marketing Director Realme Indonesia tersebut, didukung dengan beragam fitur yang dimiliki oleh Realme Buds Air itu sendiri. Realme Buds Air dikatakan masuk ke dalam produk Artificial Intelligence of Things, karena produk keluaran Realme itu memadukan teknologi AI dengan infastruktur internet of things sehingga memaksimalkan produk agar mampu menganalisa dan memenuhi keperluan penggunanya, dengan mengumpulkan data dari hasil interaksi dan respon pengguna tersebut.

Realme Buds Air ini cocok untuk dijadikan rekomendasi bagi para pecinta game karena adanya mode gaming. Pasalnya produk True Wireless Stereo keluaran Realme ini mempunyai latency suara yang rendah sampai 51 persen, hal itu terjadi sebab adanya teknologi R1 chip. Teknologi tersebut meminimalisir sound lag terjadi pada Realme Buds Air dan memaksimalkan sinkronisasi antara audio mau pun video, karena latency suara yang dimiliki Realme Buds Air mencapai 120 ms sedangkan latency suara produk brand sebelah dapat menembus 204 ms.

Masih perihal kualitas audio yang dihasilkan Realme Buds Air. Rupanya Realme Buds Air tersebut dibekali diafragma komposit multi layer LCP dengan driver suara 12 mm, sehingga menghasilkan kualitas audio yang baik. Selain itu, Realme Buds Air juga dilengkapi oleh Dynamic Bass Boost 20 mm yang telah dimodifikasi oleh team accoustic milik Realme untuk memaksimalkan dimensi, dinamika, hingga kualitas suara yang terbaik.

Realme Buds Air ini juga dilengkapi dengan dual microphone yang didukung teknologi Environment Noise Cancellation, sehingga menghasilkan kualitas audio yang baik saat melakukan panggilan telepon. Teknologi Environment Noise Cancellation tersebut berfungsi untuk menangkap setiap kata perkata sekaligus menyaring semua suara di sekitar termasuk suara latar belakang yang berisik atau pun mengganggu. Tak hanya itu, Realme Buds Air didukung dengan fitur Google Asisstant yang dapat dinyalakan dalam hitungan detik dan berfungsi untuk mengontrol panggilan, layanan informasi, mengatur volume hingga mengendalikan musik tanpa menyentuh ponsel.

Kecanggihan Realme Buds Air selanjutnya ada pada fitur touch control yang telah didukung dengan AAC audio codec dan konektivitas lengkap bluetooth 5.0. Terlebih adanya sensor optik yang mampu mendeteksi Realme Buds Air ketika sedang digunakan pada telinga mau pun tidak, secara otomatis True Wireless Stereo milik Realme itu akan memulai atau pun menghentikan kegiatan. Contohnya saat Realme Buds Air terpasang di telinga, musik akan terus berputar dan berhenti saat Realme Buds Air dilepas dari telinga.

Selain itu, Realme Buds Air juga didukung dengan teknologi instant auto connection yang berguna untuk mengantur koneksi True Wireless Stereo tersebut untuk nyala mau pun mati secara cepat, yaitu ketika casing dibuka atau pun ditutup. Fitur itu juga memudahkan Realme Buds Air untuk terhubung dengan smartphone secara langsung ketika dilepas dari casing tersebut.

Untuk pengisian daya, Realme Buds Air telah dilengkapi USB Type C. Selain itu terdapat fitur Qi wireless charging 10 watt yang memberikan kebebasan untuk pengguna Realme Buds Air menggunakan charging pad dari semua brand. Ketika diletakkan pada charging pad dan pengisian daya dimulai, lampu LED akan menyala. Sayangnya Realme Buds Air dan wireless charger yang memiliki berat 4,2 gram tersebut, dijual terpisah.

Di luar itu, Realme Buds Air mampu bertahan selama 17 jam setelah terisi penuh. Tak lupa, Realme Buds Air yang menawarkan tiga varian warna diantaranya hitam, putih, dan kuning teersebut. Didukung pula oleh fitur real time dual channel transmission sehingga  Realme Buds Air dapat digunakan secara tidak bersamaan atau masing masing.

Harga Realme Buds Air

Saat pertama kali dirilis Realme Buds Air ini dijual dengan harga Rp 599 ribu. Namun sekarang untuk mendapatkan True Wireless Stereo milik Realme itu dibanderol harga mulai dari Rp 799 ribu.
Previous
Next Post »