Mengenal Teknologi Artificial Intelligence beserta Penerapannya

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa sih itu Artificial Intelligent padalah istilah ini sudah sejak lama bergaung dalam dunia teknologi. Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan adalah suatu teknolgi yang dibuat secerdas mungkin, yang karena kecerdasannya mengagumkan hampir mirip dengan otak manusia itu sendiri. Intinya mesin yang dibuat berdasarkan teknologi ini akan menjadi pintar.

Artificial Intelligence dan penerapannya

Nantinya mesin yang diprogram berdasarkan teknologi ini akan melaksanakan perintah seperti tujuan awal tanpa meleset sedikitpun. Adanya teknologi ini memang menjadi berkah bagi manusia, karena penerapannya terbukti membuat hidup manusia semakin mudah. Di bawah ini akan kami ulas tentang Artificial Intelligent (AI) dan penerapannya.

Penerapan Artificial Intelligent dalam kehidupan


Siri

Salah satu contoh penerapan Artificial Intelligent yang bisa kita lihat adalah Siri, yaitu asisten pribadi virtual yang paling populer. Siri adalah contoh keberhasilan penerapan Artificial Intelligent yang dikembangkan oleh Apple di iPhone maupun iPad. Siri ini hadir dalam bentuk suara perempuan yang ramah yang dapat berinteraksi dengan penggunanya setiap hari.

Nah, Siri ini dapat membantu Anda dalam berbagai hal layaknya asisten pribadi. Misalnya saja membantu menemukan informasi, melakukan panggilan suara, mengirimkan pesan hingga menambahkan agenda ke kalender. Hal-hal tersebut bisa dilakukan oleh Siri karena menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan atau permintaan dnegan menggunakan bahasa alami. Selain siri virtual asisten yang telah menerapkan AI adalah Google Assistant, yang perkembangannya sangat pesat, fungsi utamanya tidak jauh berbeda dengan siri.

Tesla

Artificial Intelligent tidak hanya terbatas pada smartphone saja, namun telah merambah pada teknologi mobil. Dengan Artificial Intelligent, terciptalah Tesla, yang mana merupakan mobil yang tidak membutuhkan seorang driver. Hingga sekarang, Tesla ini masih menjadi terobosan terbaik pada industri mobil dan telah meraih begitu banyak penghargaan dari berbagai pihak.

Selain mampu mengemudi sendiri, Tesla juga memiliki kemampuan prediktif hingga inovasi teknologi yang mutlak. Nah, jika Anda bukan individu konvensional dan seorang pecandu akut teknologi, maka Tesla adalah pilihan paling tepat. Bayangkan hal apa saja yang bisa Anda lakukan ketika mengendari mobil ini.

Cogito

Cogito adalah aplikasi berteknologi Artificial Intelligent yang berguna untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan. Aplikasi ini awal mulanya dikembangkan oleh Dr Sandy dan Joshua, dengan dasar pembelajaran mesin dan ilmu perilaku yang berguna untuk meningkatkan kolaborasi pelanggan dan call center.

Hingga detik ini, Cogito telah digunakan oleh berjuta-juta panggilan suara yang dilakukan setiap hari di seluruh dunia. Aplikasi ini akan menganalisis suara manusia dan memberikan panduan guna terciptanya pelayanan yang maksimal. Pasti banyak sekali keuntungan yang didapatkan manusia dengan hadirnya aplikasi Cogito ini.

Netflix

Netflix adalah layanan streaming film di mana Anda bisa melihat begitu banyak film nonstop. Hebatnya Netflix juga telah menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang menggunakan teknologi prediktif. Maksudnya, dengan Artificial Intelligent, Netflix mampu menawarkan rekomendasi film berdasarkan minat, reaksi, pilihan dan perilaku konsumen.

Teknologi Artificial Intelligent jenis ini memeriksa sejumlah catatan yang dimiliki oleh seorang pelanggan. Catatan tersebut nantinya dijadikan dasar untuk menyarankan film yang sesuai dengan kecintaan dan perilaku Anda. Jadi jangan heran film-film yang muncul nantinya akan sesuai dengan minat Anda karena memang sudah diprediksi dengan akurat sebelumnya.

Demikianlah ulasan tentang Artificial Intelligent dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari. Ya, Artificial Intelligent memang sangat berjasa untuk memudahkan kebutuhan hidup manusia. Namun begitu, karena Artificial Intelligent masih buatan manusia, pasti ada celah adanya kesalahan atau eror. Jadi jangan terlalu bergantung dengan teknologi ini ya.
Previous
Next Post »