Kumpulan Aplikasi Compress dan Achiever File yang Harus Kamu Ketahui

Seperti yang kita ketahui, software archiver berguna untuk mengkompres, decompress, archives hingga mengextract file. Hal itu digunakan untuk menghemat kapasitas HDD pada PC yang kamu gunakan dan portabilitas, sehingga akan jauh lebih banyak file yang dapat tersimpan. Selain itu kamu juga tidak perlu susah susah ketika ingin mengirimkan banyak file kepada orang lain, dengan adanya metode kompres keseluruhan filemu akan dijadikan satu arsip dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih praktis untuk dikirim tanpa merusak file aslinya dan menghabiskan banyak waktu juga kuota untuk digunakan. Hal ini sangat berguna ketika kamu menuntut ilmu mau pun bekerja. Berikut kumpulan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengkompres file.


WinRar


Sudah tidak asing lagi nama WinRar di telinga banyak orang. Pasalnya software archiver kali ini dapat dikatakan eyang dari software archiver yang lain, mampu mengatasi lebih dari 40 format kompresi antara lain CAB, ARJ, LZH, TAR, GZ, ACE, UUE, BZ2, JAR, ISO, RAR, Zip atau 7Z. Meski pun sudah lama digunakan, generasi pendahulu software archiver ini memiliki kemampuan yang tak tertandingi seperti melindungi file dari virus dan mengunci file. WinRar sukses mempertahankan kedudukan sebagai software archiver paling atas dengan kemampuannya mengkompres sesuatu sangat cepat. Walau pun digunakan secara gratis atau menggunakan layanan berbayar, WinRar tetap memberikan rasio kompresi yang terbaik bahkan di atas rata rata juga melindungi file dengan sistem enkripsi Rinjdael AES 128, tanda tangan digital, hingga perlindungan dari modifikasi.


B1 Free Archiver


Software archiver ini memiliki beragam versi sehingga dapat digunakan pada platform mana pun termasuk Android. Hal yang belum tentu dimiliki oleh software archiver yang lain. Selain itu, B1 Free Archiver memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menggunakan layanan kompresor dan dekompresor miliknya dengan cara mengunduh software archiver tersebut atau hanya melalui website.

Hamster Free Zip Archiver


Kelebihan dari software archiver satu ini dapat mendukung berbagai ekstensi yang akan dikompres. Selain itu dengan menggunakan Hamster Free Zip Archiver kamu dapat mengunggah file yang akan kamu kompres melalui cloud, ditambah tampilan UI yang diberikan juga menarik. Meski pun Hamster Free Zip Archiver tersebut belum banyak diketaui orang.

Zipware


Software archiver yang dikabarkan telah menonaktifkan layanan tersebut, tetap dapat kamu akses mau pun kamu unduh. Namun benar jika Zipware tidak terlalu mementingan tampilan, hal itu bisa kamu jumpai saat mengakses website resmi software archiver itu sendiri.

PeaZIP


Mendukung kurang lebih 22 ekstensi diantaranya ARC, ARJ, TAR, UDF, WIM, XZ, hingga ZIP dan memperkenalkan format baru yakni PEA. Ekstensi ini adalah singkatan dari pack, encrypt, dan authenticate. Software archiver satu ini memiliki kemampuan kompres yang sangat baik. Secara umum pengguna layanan PeaZIP adalah para pengguna Linux dan didukung pemeriksaan integritas dan enkripsi dengan otentikasi.

BandiZip


Sering dikali disangka berkaitan dengan bandcam, BandiZip adalah software archiver  yang dapat diandalkan. Karena selain mampu mendukung pekerjaan multi-core dan mengkompres beragam ekstensi termasuk RAR dan ISO, software archiver juga tidak membatasi ukuran file tersebut sekali pun lebih dari 4 GB. Sebab umumnya software archiver sering kali membatasi ukuran file untuk diunggah, contohnya sampai 100 kb sedangkan kebanyakan file memiliki ukuran mulai dari 1 MB hingga 2 MB atau lebih.

7 Zip


Sangat mudah jika kamu ingin menggunakan 7 Zip. Pasalnya software archiver ini adalah software archiver open source sehingga dapat kamu akses secara gratis. Selain itu juga software archiver tersebut dapat mendukung beragam ekstensi yang paling umum 7z, ZIP, CAB, RAR, ARJ, GZIP, BZIP2, TAR, CPIO, RPM dan siap install.

WinZip


Software archiver paling sepuh yang dibentuk oleh WinZip Computing pada tahun 1990-an adalah software archiver berbayar. Meski pun begitu WinZip tetap sering digunakan karena mendukung beragam ekstensi .txt, .doc, .docx, .xls, .xlsx, .ppt, .pptx, .rtf, .pdf, .key, .numbers, .pages, .htm, .htm, .jsp, .bmp, .jpg, .jpeg, .tif, .tiff, .png, dan .gif termasuk sistem cloud hingga kemampuan kompresnya yang luar biasa. Sedangkan untuk keamanan, kamu tidak perlu meragukan.

ZIP Genius


Salah satu kelebihan yang dimiliki ZIP Genius adalah saling menghubungkan ekstensi yang dihasilkan. Mulai dari mengupas file besar menjadi berbagai bagian dengan splitter hingga decryption password. Selain itu software archiver ini juga memiliki konsep UI yang sederhana dan berfokus pada fungsi utamanya.

IZArc


Meski pun banyak sekali mendapat komplain, rupanya software archiver ini kompatibel dengan IOS. Hebatnya lagi, IZArc menyematkan sistem keamanan bernama  AES encryption dan mendukung beragam jenis ekstensi seperti ZIP, 7-ZIP, RAR, CAB, IMG, ISO, JAR, NRG, dan TAR. Sehingga kamu dapat melakukan kompres file melalui aplikasi tersebut dengan nyaman.
Previous
Next Post »