Perbandingan Virtual Assistant Siri dan Google Assistant

Dewasa ini banyak sekali aplikasi asisten online yang berbentuk virtual. Seperti biasa, produk Google: Google Assistant paling banyak digunakan. Meskipun demikian, Virtual Asisstant Siri juga tak kalah jauh. Tapi, apa saja, sih perbandingan virtual assistant siri dan google asssistant?

perbandingan virtual assistant siri dan google assistant

Perbandingan antara android dengan apple memang banyak sekali mengundang pembaca untuk hadir. Dari mulai fisik, fitur, sampai ke aplikasi yang dipakai oleh kedua ponsel pintar tersebut.

Seperti yang telah diketahui bahwa Siri adalah virtual assistant keluaran Apple, sementara Google Assistant adalah produk Google yang banyak dipakai di Android. Berikut ulasan lengkapnya

1. Perbandingan Cara Penggunaan


virtual assistant google vs siri

Pertama yang dibandingkan adalah cara penggunaan kedua aplikasi. Untuk Siri sendiri, ada 3 cara pemakaian. Yakni:

  • Dengan mengucapkan “Hey Siri” + apa yang Anda butuhkan. Misalnya ingin menanyakan tanggal hari ini. Maka yang diucapkan adalah “Hey Siri, What’s the date of today?”
  • Dengan menekan dan melepas tombol. Biasanya, tombol yang digunakan adalah tombol samping. Tapi, jika memiliki tombol di layar utama, maka tombol itu yang digunakan.
  • Dengan menekan dan menahan tombol. Biasanya, cara ini dilakukan untuk membuat permintaan yang lebih panjang.

Sedangkan untuk Google Assistant, maka cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan aplikasi Google > settings > Google Assistant > aktifkan > menggunakan perintah OK, Google

Penggunaannya jelas lebih mudah Siri. Google membutuhkan aplikasi untuk mengakses aplikasinya. Tetapi, untuk ponsel tipe baru, biasanya tidak memerlukan aplikasi tambahan. Cukup melakukan scroll up ke atas pada layar utama dan fitur google asistant sudah keluar.

2. Perintah untuk Memutar Musik


virtual assistant google vs siri

Dalam menjalankan perintah untuk memutar virtual assistant, keduanya juga memiliki perbedaan.
Untuk Siri sendiri, cukup dengan memasukkan perintah “Play” tunggal, dan ponsel akan secara otomatis memutar lagu yang random.

Sedangkan untuk Google Assistant, perintah yang dimasukkan harus lebih spesifik seperti “Play Musik”. Jika hanya memasukkan perintah Play saja, maka Google Assistant akan menanyakan hal lain untuk memperjelas perintah yang Anda maksud.

3. Akurasi dalam Meminta Informasi Cuaca


Akurasi dan kelengkapan informasi cuaca yang diberikan oleh kedua virtual asisten ini juga berbeda.
Untuk Siri, misalnya, informasi cuaca yang diberikan biasanya hanya data cuaca yang kurang lengkap dan tidak rinci. Meskipun demikian, responsibilitas asisten virtual ini cukup bagus.

virtual assistant google vs siri

Sebaliknya, di sisi lain Google Assistant memberikan data informasi cuaca dengan lebih lengkap dan rinci. Dan responsibilitas yang dimiliki juga sama bagusnya dengan Siri Assistant.

4. Akurasi dalam Menentukan Lokasi atau Maps


Siri biasanya akan menampilkan peta dengan waktu yang lebih cepat. Respons yang dimiliki aplikasi ini cukup bagus mengenai informasi lokasi. Hanya saja, biasanya lokasi yang diberikan kurang tepat atau kurang akurat.

virtual assistant google vs siri

Dan Google Assistant mengalami sebaliknya. Waktu yang digunakan untuk menampilkan peta agak lebih lama dari Siri. Tetapi, waktu yang lebih lama itu terbayar tunai karena maps yang ditampilkan justru lebih akurat daripada Siri. Dengan penjelasan yang lebih lengkap juga.

5. Kendala Pemakaian


Meskipun memakai kecerdasan artifisial, kedua robot asisten ini juga memiliki kendala pemakaian. Kali ini akan kita mulai dari Google Assistant dulu. Beberapa kendala yang dimiliki Google Assistant adalah sebagai berikut:

virtual assistant google vs siri


  • Belum berintegrasi dengan beberapa aplikasi seperti Trello, Twitter, Google Doc, dan lain sebagainya.
  • Tidak bisa menjawab permintaa mengenai Pixel aplikasi itu sendiri
  • Hanya boleh digunakan satu akun google dan tidak boleh lebih
  • Hanya memberikan website dan tautan yang dianggap relevan terhadap pertanyaan yang Anda ajukan.
  • Memiliki masalah layar display yang tiba-tiba mati.

Sedangkan beberapa kendala yang dimiliki Siri adalah sebagai berikut:

  • Memiliki masalah dalam mendengar perintah dari pengguna
  • Jaringan internetnya harus lancar
  • Hanya boleh digunakan untuk produk Apple saja.

Keduanya sebenarnya virtual asisten yang sama bagus dan memiliki kelebihan masing-masing. Hanya saja, dengan pembaruan yang terjadi, Google Assistant menjadi lebih responsif dibanding Siri. Bahkan sudah bisa menerima perintah dalam bentuk teks.

Demikian perbandingan virtual assistant siri dan google assistant. Hal ini mungkin bisa membantu keputusan Anda untuk memakai aplikasi yang mana. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »