Smartphone Memori 64 GB. Apakah Masih Relevan?

Beragam smartphone yang diproduksi belakangan ini menyematkan memori internal hingga 256 GB, bukan suatu yang baru lagi bahkan secara umum smartphone dirancang begitu. Hal itu dilakukan untuk menunjang kebutuhan pengguna saat ini, ditambah setiap saat teknologi pun terus berkembang. Penyimpanan internal juga berguna dalam mendukung kinerja smartphone, salah satunya ketika multi tasking atau melakukan pembaruan pada aplikasi dan belum lagi menyimpan data.

Jika memori yang disematkan hanya tersisa sedikit saja, efek yang akan kamu rasakan salah satunya smartphone terasa lambat. Maka sebelum memutuskan smartphone yang hanya menyediakan memori internal 64 GB ada baiknya kamu membaca ulasan di bawah ini yang membahas tentang relevan atau tidaknya penyimpanan tersebut.

smartphone dengan memory pemnyimoanan 64 GB apakah masioh relevan?

Pembaruan Aplikasi dan Sistem Operasi


Tak jarang kita temui bug dalam beberapa aplikasi untuk meminimalisir hal itu, upaya yang diambil oleh para developer salah satunya dengan memberikan update untuk terus mengembangkan dan memperbaiki aplikasi terkait secara rutin meski pun menggunakan data yang sedikit. Pasalnya sering kali didapati aplikasi yang gagal diakses karena belum diperbarui, terlebih upgrade sistem operasi yang jelas memerlukan lebih dari 1 GB. Itu pentingnya kapasitas memori yang besar karena jika tidak memadai aplikasi tidak bisa mendapat pembaruan dan terhambat.

Penyimpanan Foto dan Video


Seolah menyambung bahasan yang lain, selain mengunduh file secara sengaja. Kamu sangat amat membutuhkan penyimpanan yang besar untuk mendukung aktivitasmu saat sedang di luar. Contohnya ketika asik liburan, kamu pasti ingin mengabadikan momen tersebut dengan berfoto dan kemungkinan besar akan lebih dari satu. Ditambah lagi jika kamu ingin mendapatkan hasil foto yang detail dan jernih, kamu harus menggunakan kamera beresolusi besar sehingga menghasilkan ukuran file foto yang besar pula. Lalu bagaimana jika menurutmu foto tidak efisien dan kamu lebih memilih mengabadikannya dengan merekam video yang didukung resolusi besat juga, kamu akan menyita memori penyimpanan yang lebih besar lagi di setiap kunjungan. Sudah bisa dipastikan memori internal 64 GB sangat  terbatas atau mungkin kurang bagi kamu yang gemar melakukan hal tersebut.

Penunjang Kerja


Di zaman yang serba digital ini, secara keseluruhan orang menggunakan smartphone sebagai penunjang pekerjaan tersebut. Mulai dari pelajar mau pun mahasiswa yang sekarang saja sering melakukan ujian secara online, bahkan semua tugas atau keperluan terkait hal tersebut dibagikan melalui smartphone seperti bahan presentasi. Beda lagi fungsinya bagi pekerja, khususnya freelancer yang mungkin menggunakan smartphone sebagai media untuknya menyelesaikan pekerjaan. Ada yang mungkin berkutat dengan dokumen atau pun fotografi agar lebih praktis yang lebih membutuhkan penyimpanan yang luas.

Selain itu juga ada karyawan kantoran yang harus stand by dan menyimpan data penting secara lengkap karena sebagian besar kantor menggunakan grup di berbagai aplikasi chat untuk mempermudah koneksi, ditambah lagi driver online yang mencari nafkah dari smartphone sebagai perantara. Jika memori internal tidak memumpuni semua pekerjaan tersebut akan terhambat, mulai dari kekurangan memori atau pun lambat dalam kinerja smartphone itu sendiri.

Keperluan Game


Sekarang ini siapa yang tidak bermain game, sebagian besar orang saat ini justru menjadikan game sebagai suatu yang wajib. Pasalnya selain menghibur dengan game banyak orang dapat bermain bersama sama walau pun terhalang jarak, bahkan game juga sudah lama dijadikan suatu profesi yang menjanjikan oleh para gamers. Untuk menginstall satu game saja dibutuhkan penyimpanan yang besar dan semakin meningkat mengikuti kualitas visual yang dimiliki oleh game tersebut. Itu masih belum mencangkup pembaruan sehingga smartphone dengan memori internal 64 GB kurang cocok bagi kamu yang suka memainkan game yang memiliki ukuran berkisar mulai dari 1 GB, karena dengan tersita oleh aplikasi game itu sendiri sisa memori yang tersedia tidak dapat mendukung performa game tersebut sehingga sering kali ngelag.

Download File


Saat ini satu hari tanpa internet, banyak orang jenuh dan bosan itu karena di setiap harinya orang mencari hiburan hingga informasi dari internet yang salah satunya dapat diakses melalui smartphone. Namun bagaimana jika memiliki internet yang terbatas jika streaming langsung melalui koneksi dari provider biasa akan terasa sangat menguras kantong. Itu yang membuat sebagian orang memanfaatkan internet yang ada saat berada di suatu tempat, ketika berpergian untuk mengunduh aplikasi hingga file yang dibutuhkan. Selain menghemat data pribadi, dengan mengunduh kamu dapat mengakses file yang kamu punya kapan pun kamu mau.

Namun seperti yang semua orang tau untuk file musik biasanya menggunakan memori 5 MB dan akan semakin membutuhkan penyimpanan yang besar jika mengunduh video, film, game, atau file yang lain. Jika hanya didukung dengan memori internal 64 GB ditambah lagi adanya bloatware atau aplikasi bawaan, dapat dibayangkan akan selambat dan seberat apa untuk multi tasking.
Previous
Next Post »