Waspada Banjir, Ini Deretan Aplikasi Pendeteksi Banjir yang Harus Kamu Ketahui

Banjir adalah salah satu bencana yang sering kali hadir di beberapa daerah di Indonesia, khususnya kawasan Jabodetabek. Banjir menjadi masalah krusial yang hingga kini belum bisa diatasi. Sehingga aplikasi pendeteksi banjir dirasa sangat penting dan efeksi untuk membantu orang orang yang menetap pada daerah rawan banjir. Dengan adanya informasi terkait banjir tersebut, pengguna aplikasi pendeteksi banjir ini dapat mengungsi atau memantau ketinggian air hingga jalanan yang ditutup akibat adanya bencana banjir dan berikut beberapa aplikasi pendeteksi banjir yang harus kamu ketahui.

aplikasi pendeteksi banjir

Google Maps


Aplikasi yang tidak asing lagi di telinga kita buatan Google LLC dapat diunduh diberbagai perangkat dan sudah diunduh oleh 5 milliar orang lebih. Selain memberikan informasi perihal jalan pada umumnya seperti kemacetan lalu lintas dengan warna merah atau pun penutupan jalan, rupanya Google Maps dapat menyampaikan informasi perihal banjir. Jika kamu perhatikan pada aplikasi Google Maps terdapat fitur Jakarta floods yang dapat memberikan informasi seputar beberapa daerah yang tergenang banjir hingga kondisi lalu lintas meliputi beberapa jalan yang ditutup akibat terendam banjir tersebut.


Waze

Aplikasi populer yang cukup sering kita dengar juga yaitu Waze ini dapat diunduh pada sistem operasi Android mulai dari 4.1 ke atas dengan ukuran 86 MB. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta orang tersebut, bukan hanya berfungsi memberikan informasi lalu lintas saja tetapi juga menjadi aplikasi pendeteksi banjir. Waze dengan tampilan yang lebih interaktif tersebut, turut menyampaikan informasi perihal kejadian penting yang terdapat di lokasi terdekatmu atau pun sebaliknya, kamu dapat memberikan informasi kepada orang lain melalui aplikasi Waze ini.


Info BMKG

Aplikasi yang dibuat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ini dapat oleh Android yang memiliki sistem operasi 4.4 ke atas. Aplikasi Info BMKG yang berukuran 8.8 MB tersebut telah diunduh oleh 5 juta orang lebih. Selain memberikan informasi perihal bencana seperti gempa mau pun tsunami, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperoleh informasi seputar perkiraan cuaca sampai tiga hari ke depan lengkap dengan kualitas udara yang ada pada lokasi terdekatmu. Tak hanya itu, aplikasi Info BMKG juga bisa digunakan untuk mengetahui curah hujan dan banjir. Terlebih ketika dalam situasi darurat, Info BMKG tersebut akan langsung memberikan notifikasi berupa press release resmi yang disampaikan secara langsung oleh pihak BMKG.


Qlue

Aplikasi Qlue yang dapat diundur pada sistem operasi Android 4.1 ke atas ini, memiliki ukuran aplikasi sebesar 25 MB dan telah diunduh lebih dari 500 ribu orang. Aplikasi tersebut berguna untuk menyampaikan segala permasalahan yang ada di setiap kota di Indonesia, bukan terbatas pada kawasan DKI Jakarta saja aplikasi ini juga dapat digunakan ketika berada di Manado, Pekanbaru, Probolinggo, hingga Bima. Informasi itu termasuk banjir yang ada di lokasi terdekatmu lengkap dengan foto untuk dilaporkan kepada dinas terkait melalui aplikasi tersebut.


Pantau Banjir

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 50 ribu orang ini dibuat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dirilis pada tanggal 12 Februari 2017 sebagai bagian dari program Jakarta Smart City, aplikasi tersebut dapat diunduh pada sistem operasi android mulai dari 4.1 ke atas dengan ukuran aplikasi sebesar 5.7 MB. Didukung dengan fitur peta banjir yang dilengkapi pula oleh informasi terkait ketinggian pintu air dan kondisi pompa air beserta pos pengamatan hingga operasional pompa air secara realtime di beberapa daerah kawasan Jakarta. Selain itu, pengguna juga dapat menyampaikan informasi perihal kondisi banjir di lokasi terdekat yang termasuk status penanganan, dilampirkan pula foto dan alamat serta ketinggian air hanya dengan login di aplikasi tersebut.



Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta

Tak mau kalah, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta juga merilis aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta yang dapat diunduh oleh pengguna android yang dilengkapi dengan sistem operasi 4.0 ke atas, aplikasi ini memiliki ukuran 6.3 MB dan sudah diunduh lebih dari 1000 orang. Aplikasi ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang kondisi siaga pintu air dan status grafik tinggi muka air dari sungai yang berada pada kawasan Jakarta dalam 24 jam terakhir. Selain itu, aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta ini juga dapat memberikan informasi perihal perkiraan cuaca di wilayah Jabodetabek yang akurat dari BMKG. Informasi terbaru yang didapat oleh aplikasi tersebut akan muncul pada notifikasi yang terdapat pada ikon lonceng di pojok kanan atas. Tampilab aplikasi ini juga cukup sederhana dengan dilengkapi berbagai fitur Status Tinggi Muka Air, Peta Lokasi Stasiun AWLR, Perkiraan Cuaca, hingga Pantauan CCTV pintu air. Sayangnya fitur CCTV cukup sulit diakses dengan alasan gagal dimuat atau tidak ditemukan.
Previous
Next Post »