Rancang Desain Label Produk Anda Sebaik Mungkin dengan Tip Ini!

Hadirnya perusahaan label Indonesia terbaik membantu berbagai pihak yang ingin mencetak label berkualitas dengan harga terjangkau. Kebanyakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ini biasanya sudah menyediakan template yang dapat Anda kustomisasi.

Walau mempunyai keleluasaan, Anda tetap harus menyiapkan konsep yang baik untuk label produk. Supaya hasilnya memuaskan, ikuti tip berikut untuk mengoptimalkan rancangan label Anda.

Siapkan desain yang mudah dibaca konsumen

Bukan hanya memanjakan mata, desain label produk sebaiknya memakai jenis huruf dan warna yang mampu mempengaruhi psikologis target audiensi. Untuk huruf, pastikan mudah dibacadari jarak dekat maupun jauh. Sementara untuk warna, gunakan kombinasi yang tak berlebihan dan dapat memuat pesan yang ingin Anda sampaikan.

Gunakan bahan yang sesuai dengan produk

Jangan abaikan jenis bahan label yang akan Anda pakai, karena bakal mempengaruhi kualitas maupun branding terhadap produk. Sebagai contoh, kalau Anda memilih bahan bertekstur, gunakan ukuran huruf sedang atau besar agar tetap terbaca konsumen. Kalau tak mau sampai salah pilih, Anda sebaiknya konsultasikan dengan perusahaan atau desainer kemasan produk.

Sesuaikan desain label dengan kemasan produk

Hal lainnya yang harus Anda sesuaikan saat merancang desain label adalah kemasan produk. Seperti apa bentuk kemasan yang akan dibuat: bulat, persegi, atau mungkin runcing? Pasalnya, jenis kemasan yang tepat bukan hanya mampu menonjolkan desain label, tetapi juga kesan di mata konsumen. Jadi, perhatikan seperti apa kemasan produk yang akan ditempeli dengan label rancangan Anda.

Pastikan label mampu menonjolkan brand

Label bukan hanya tempat untuk memuat informasi seputar produk, melainkan juga wadah untuk meningkatkan brand awareness. Ingat, saat berbisnis Anda akan menjumpai kompetitor untuk merebut atensi target audiensi. Oleh karena itu, desain label harus memiliki kekuatan yang sanggup memancing rasa penasaran konsumen hingga mengajak mereka melakukan pembelian.

Sertakan barcode pada label produk

Barcode atau rangkaian bar hitam dalam produk akan membantu proses pendataan jumlah belanja secara efisien. Dalam hal ini, Anda perlu mengajukan aplikasi terlebih dulu kepada GSI untuk mendapatkan barcode. Setelah permohonan diterima dan barcode dikirimkan, Anda bisa sertakan pada kemasan atau label dengan posisi yang tepat agar mudah dibaca.

Lakukan survei untuk mengetahui feedback konsumen

Sebelum menerjunkan produk Anda ke pasaran, ada baiknya lakukan survei terlebih dulu untuk mengetahui feedback dari target audiensi. Beberapa hal yang bisa Anda tanyakan kepada mereka mencakup desain kemasan dan label, kesesuaian desain dengan gaya hidup, kemampuannya dalam mewakili produk, hingga alternatif desain yang mereka rekomendasikan.

Mudah-mudahan tip ini bisa memandu Anda menghasilkan desain label sesuai kemasan produk dan cocok dengan kebutuhan konsumen.

Previous
Next Post »