Tips Memilih Alat Nebulizer Sesuai Kondisi Kesehatan

Penyakit yang menyerang pernafasan bila tidak ditangani sesegera mungkin bisa berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Salah satu alat bantu yang bisa digunakan untuk untuk mengatasinya adalah alat nebulizer. Nebullizer adalah alat kesehatan yang mengubah obat dalam bentuk cari atau larutan menjadi uap agar lebih mudah terhirup ke dalam paru-paru. Alat ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan paru-paru seperti asma, alergi, dan PPOK.


Tips Memilih Alat Bantu Nafas Nebulizer

Ada beragam jenis nebulizer yang dapat digunakan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengenali beberapa hal dalam memilih nebulizer sebelum membelinya. Berikut tips memilih nebulizer yang bagus untuk menangani masalah pernapasan Anda:

1. Sesuaikan Model Nebulizer dengan Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan juga akan menentukan penggunaan nebulizer yang tepat. Misalnya terkait kondisi yang ringan hingga berat. Seperti halnya ketika sakit flu, maka saat itu Anda membutuhkan partikel uap yang cukup besar. Untuk partikel besar dan lebih pasti Anda bisa menggunakan tipe ultrasonsik dan mesh.

Berbeda halnya ketika infeksi saluran pernafasan bawah seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis), maka tentu membutuhkan nebulizer yang bertujuan untuk mengubah obat menjadi partikel uap yang lebih kecil, seperti jenis kompressor.

2. Sesuaikan Orang yang Menggunakan

Tidak semua orang dengan mudah menggunakan nebulizer misalnya saja lansia dan bayi yang kondisi motoriknya terbatas, sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain. Selain itu, pada bayi sebaiknya gunakan nebulizer yang tidak berisik dan menghasilkan partikel uap yang halus.

Agar pengunaannya bisa maksimak, maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter agar mengetahui jenis nebulizer yang cocok digunakan.

3. Efisiensi Nebulizer

Pastikan untuk memperhatikan alat nebulizer yang akan Anda gunakan karena beberapa jenis obat-obat tidak bisa dikonsumsi dengan menggunakan nebulizer tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan terlebih dulu kepada dokter jika Anda ingin menggunakan obat tertentu pada nebulizer.

Selain itu, jika Anda adalah orang yang suka bepergian, maka gunakan nebulizer yang ringkas dan penggunaannya yang praktis. Aksesoris tambahan seperti, charger nebulizer juga menjadi hal utama yang harus Anda perhatikan, terutama ketika Anda hendak bepergian jauh atau memakan waktu beberapa hari.

Sedangkan jika Anda harus mengkonsumsi beberapa obat, maka perlu juga mempertimbangkan menggunakan nebulizer yang dapat memfasilitas penggunaannya secara berbarengan. Beberapa nebulizer memiliki fungsi yang memungkinkan menggunakan beberapa obat berbeda dihirup secara bersamaa. Namun, ini perlu dilakukan secara hati-hati, mengingat beberapa obat tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan.  Oleh karena itu, konsultasikan dokter agar diberikan nebulizer yang tepat dengan kondisi Anda.

Cara Penggunaan Nebulizer yang Benar

Memakai nebulizer yang benar akan membuat obat bekerja lebih efektif. Agar tidak bingung, berikut langkah-langkah cara penggunaan nebulizer:

Cuci tangan dengan sabun agar tidak terkontaminasi benda asing.

Siapkan obat kemudian masukkan ke nebulizer.

Tancapkan wadah obat ke mesin, begitupula dengan masker yang di atas wadah.

Letakkan masker ke mulut dan hidung, pastikan tertutup dengan rapat.

Kemudian hirup perlahan dengan satu nafas agar obat masuk ke paru-paru lalu lakukan kembali.

Lakukan secukupnya hingga pernafasan Anda merasa lebih lega dan nyaman.

Salah satu alat nabulizer yang berkualitas dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda  adalah https://www.omronhealthcare-ap.com/id/product/286-ne-c28/. Setelah penggunaan, pastikan untuk memperhatikan perawatan dan kebersihannya  ketika menggunakannya sehingga alat tetap higienis.

Newest
Previous
Next Post »